Operating System Handphone


Siapa yang belum pernah punya handphone hingga sekarang? kebanyakan orang pasti telah memilikinya bukan hanya satu saja bisa dua, tiga atau lebih. Handphone apa yang kamu pernah gunakan? Nokia, Sony ericsson, Samsung, LG, dll. Setiap handphone pastilah mempunyai operating system baik itu Java, Symbian, Android, IOS (Iphone OS), Blackberry OS, dll. Tidak dipungkiri bahwa OS Symbian masih merajai pasar handphone di dunia, tetapi semakin bertambahnya pesaing-pesaing OS seperti Android, Iphone, Blackberry, menyebabkan beragamnya pilihan handphone yang bisa dimiliki dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing OS. Berikut beberapa macam Operating system yang paling populer di dunia yaitu :

  • Symbian

Hingga saat ini versi paling baru dari OS Symbian adalah Symbian ^3 yang memilki beberapa fitur tambahan dibandingkan versi-versi terdahulu. Contoh tipe handphone yang telah menggunakan symbian^3 adalah Nokia N8 yang mempunyai fitur-fitur yang luar biasa. Sebut saja kamera 12 megapixel dengan lensa carl zeiss tessar dan flash xenon, Layar Amoled 16 Juta Warna Capacitive Touchscreen, Hsdpa, Wi-fi, Bluetooth 3, GPS, Hdmi, Video call, 16gb memory, 256mb ram 512mb rom, dan fitur-fitur lain yang canggih.

User interface Sybian^3 memilki dua tampilan utama yaitu Home dan Menu, tidak banyak berbeda dari versi symbian terdahulu. Jika anda terbiasa menggunakan nokia maka tidak akan ada masalah dalam pengoperasian ponsel. Terdapat beberapa shortcut ke menu-menu penting seperti contact, sms, internet, wifi, dll yang bisa di gonta-ganti sesuai dengan keinginan kita. Dalam berselancar di dunia maya terdapat web browser bawaan symbian^3 yang sudah disediakan. Kemampuan web browser ini lumayan bagus walaupun dalam hal kecepatan masih dibawah operating system yang lain. Browser ini dapat menampilkan halaman web secara utuh walaupun beluim disupport oleh flash player. Dalam hal berkirim pesan Nokia N8 dapat mensupport berbagai jenis macam fitur mulai dari sms, mms, email, push mail, dll. Dalam hal menyetting email di Nokia N8 kita harus mendaftar dan berlangganan Nokia Messaging. Nokia N8 disupport oleh Ovi Store dalam menyediakan aplikasi-aplikasi yang dapat diunduh secara berbayar maupun yang gratis. Dalam hal multimedia Nokia N8 adalah rajanya dimana disediakan berbagai fitur yang mendukung seperti Music Player, Video player, Games 3D, Photo album, Camera 12mp Carl Zeiss Tessar Lens, GPS, dll. Dengan harga berkisar di rentang 5 jutaan Nokia N8 dengan Symbian^3 merupakan handphone yang patut dimiliki karena memiliki segudang fitur-fitur terkini yang menakjubkan walaupun tidak mempunyai eklusifitas seperti pada OS lainnya.

  • Android

Operating system baru yang sedang hangat diperbincangankan karena memiliki fitur-fitur yang baik dan dikembangkan oleh raksasa dunia maya google. Android sendiri pertama kali merupakan pengembang operating system yang dibeli oleh google dan dikembangkan untuk membuat OS untuk perangkat seluler dan menjadikan Os ini sebagai platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan untuk bermacam peranti bergerak. Android dirilis pertama kali pada tanggal 5 November 2007 kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, didalamnya termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah Lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler. Di dunia terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD). Android saat ini paling tidak telah mengeluarkan 7 versi android dari pertama kali peluncurannya yakni :

Android versi 1.1

Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android versi 1.5 (Cupcake)

Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Android versi 1.6 (Donut)

Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps – aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.

Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Android  versi  2.3  (Ginggerbread)

Handphone yang paling populer karena menggunkan Os Android ini adalah Samsung Galaxy S dan disebut-sebut handphone terbaik untuk tahun 2010 karena fitur-fiturnya yang menawan. Handphone ini dibekali dengan OS versi 2.1 (Eclair, dapat diupdate menjadi 2.2 froyo) dan memiliki spesifikasi antara lain : Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors 4 inchi; 8 GB/16GB storage, 512 MB RAM, 2GB ROM; HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps; Wi-Fi 802.11 b/g/n; DLNA; Bluetooth 3, Micro USB; Camera 5 MP, 2592 x 1944 pixels, autofocus; CPU ARM Cortex A8 1GHz processor; dll. User Interface Samsung Galaxy S ini terdiri dari dua menu utama yaitu Home Screen (terdiri dari 7 halaman yang berisi shortcut dan widget yang jumlahnya bisa ditambah sesuai kebutuhan) dan Application Screen (menampilkan seluruh fitur dan aplikasi yang terinstal pada ponsel. Dengan harga yang lumayan tinggi yaitu berkisar 6jutaan tidak dapat dibantah bahwa ini adalah salah satu handphone terbaik yang ada di muka bumi dengan spesifikasi yang mumpuni dan dukungan penuh dari Google dan pengembang pihak ketiga.

Samsung Galaxy S

  • IOS (Iphone OS)

Operating system ini merupakan OS bikinan dari Apple yang secara eklusif hanya diperuntukan bagi produk-produk apple seperti Iphone, Ipad, Itouch dan tidak mengijinkan pengembang ketiga untuk membuat aplikasi yang diperuntukkan untuk OS ini. Dengan dukungan lebih dari 300.000 aplikasi yang tersedia di Apple Store menjadikan produk apple ini mulai banyak dilirik oleh konsumen.

Iphone 4

sumber :

http://jatianggoroseto.wordpress.com/2010/12/18/operating-system-handphone/

2 Comments (+add yours?)

  1. Free backlinks
    Mar 27, 2012 @ 17:53:14

    Hello https://sayodhi.wordpress.com/2012/03/10/operating-system-handphone/ webmaster. I came to your “Operating System Handphone sayodhi” page via Google but it was difficult to find as you were not on the front page of search results. I see you could have more visitors because there are not many comments on your website yet. I have found a website which offers to dramatically increase your rankings and traffic to your website: http://www.linklegends.com/free-trial. They managed to get close to 1000 visitors/day using their services, you could also get lot more targeted traffic from search engines than you have now. I used their services and got significantly more traffic to my website. Hope this helps🙂 Take care. Amanda

    Reply

  2. Social Bookmarking Submission
    Jun 17, 2012 @ 20:49:24

    If you want to get social bookmarking backlinks that will help skyrocket your website search engine ranking straight to the top, check out this site http://socialbookmarksubmission.org/

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: