Cerita di Balik Mitos Angka 13


Sampai saat ini belum ada alasan yang jelas mengapa timbul kepercayaan bahwa angka 13 itu adalah angka yang tidak baik. Ada beberapa teori yang berhubungan dengan tradisi agama Kristen yaitu saat Yesus Kristus mengadakan perjamuan terakhir, Yudas (yang akhirnya mengkhianati Yesus) duduk di kursi urutan ke 13 di meja panjang perjamuan tersebut. Ada juga yang menghubungkan dengan tradisi bangsa Viking, bahwa Loki (Dewa yang jahat) adalah dewa urutan ke 13. Selain itu ada juga yang mengkaitkannya dengan zodiak Persia yang menyatakan bahwa selain 12 zodiak yang sudah ada, terdapat juga zodiak ke 13 yang melambangkan perpecahan.

Sedangkan ketakutan yang pasti mengenai tanggal 13 di hari Jumat mulai di abad ke 19 dengam menggabungkan dua cerita takhayul: bahwa angka 13 adalah angka tidak baik dan bahwa hari jumat adalah hari yang paling tidak baik di antara hari-hari lainnya.

Istilah ketakutan yang berlebihan terhadap angka 13 disebut ‘triskaidekaphobia’, tidak heran bila kita banyak menemui gedung yang melewati lantai 13, biasanya dari lantai 12 maka akan langsung lompat ke lantai 14.

sumber : http://gayahidup.plasa.msn.com/photoviewer.editor.aspx?cp-documentid=5761062#image=1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: